Advertise

Pages

Pages - Menu

Social Icons

Sample Text

Featured Posts

 
Minggu, 22 Juli 2012

3 Rasa Air Gunung Muria

0 komentar
Gerbang utama menuju sumber air tiga rasa

Salam Nusantara !
Sobat sudah pernah merasakan air yang berbeda rasa dalam satu tempat? Jawabanya pasti sudah. Tinggal tuangkan air ke dalam tiga gelas, gelas satu tidak diberi apa-apa, gelas dua diberi gula dan gelas tiga diberi obat pasti rasanya berbeda-beda hehehe. Tapi yang akan Bang Mamat bagi dipetualangan kali ini bukan seperti itu sobat. Tapi air alami yang berbeda rasa. Sedikit referensi Bang Mamat ambil dari wikipedia.org. Langsung saja sobat.

Gunung Muria adalah sebuah gunung di wilayah utara Jawa Tengah bagian timur, yang termasuk kedalam wilayah Kabupaten Kudus di sisi selatan, di sisi barat laut berbatasan dengan Kabupaten Jepara, dan di sisi timur berbatasan dengan Kabupaten Pati. Dikawasan ini terdapat tempat yang sangat legendaris peninggalan Wali Songo, yaitu pesanggrahan di kawasan puncak Gunung Muria yang dalam sejarah negeri ini merupakan basis pesanggrahan dimana Kanjeng Sunan Muria menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Di sini pulalah Sunan Muriadimakamkan.


Gunung Muria mempunyai ketinggian 1.602 meter dari permukaan laut. Puncak-puncaknya yang tertinggi antara lain:
  • Puncak Songolikur; merupakan puncak tertinggi di Gunung Muria. Sering juga disebut sebagai puncak Saptorenggo.
  • Puncak Argowiloso
  • Puncak Argojembangan
  • Puncak Abiyoso
Lokasi Wisata

Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria terletak di desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Berlokasikan di atas sebuah bukit. Sehingga para peziarah yang hendak berziarah harus menapaki anak tangga sejauh + 500 meter. Di kiri kanan anak tangga berderet kios para penjual makanan dan souvenir.

Bagi yang tidak kuat mendaki anak tangga bisa memilih jasa tukang ojek. Dengan jasa ini selain bisa menghemat energi, selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang menarik.

Candi Angin
Terletak di desa Tempur, kecamatan Keling, Kabupaten Jepara.

Candi Bubrah
Terletak di desa Tempur, kecamatan Keling, Kabupaten Jepara.

Air Terjun Jurang Nganten
Terletak di desa Tanjung, kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara.

Air Terjun Songgo langit
Terletak di desa Bucu, kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara.

Air terjun Montel
Terletak di sebelah timur laut makam Sunan Muria.

Air Tiga Rasa
Terletak di Rejenu. Obyek ini terdiri atas Makam Syeh Sadzli dan tiga sumber mata air yang meski berdekatan namun memiliki rasa yang berbeda. Air ini dipercaya mempunyai berbagai khasiat. Merupakan pos terakhir untuk melakukan pendakian ke puncak Argowiloso.

Bumi Perkemahan Abiyoso
Terletak di kaki Gunung Abiyoso di desa Menawan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Bumi Perkemahan ini pernah digunakan untuk menggelar Jambore Daerah Gerakan Pramuka KwardaJawa Tengah pada tahun 1996.

Bumi Perkemahan Kajar
Terletak di desa Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus sekitar 2 km arah selatan Makam Sunan Muria.

Bumi Perkemahan Jolong


Terletak di desa Jolong Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Dari sini merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Argo Jembangan.


Tapi sobat ketika itu Bang Mamat tidak menjelajahi semua tempat wisata diatas, Bang Mamat hanya berpetualang di Air Terjun Montel dan Air Tiga Rasa.


Untuk menuju air terjun montel, sobat nusantara tidak bisa menggunakan kendaraan, kendaraan sobat harus diparkir ditempat-tempat yang telah disediakan warga sekitar. Setelah kendaraan di parkir sobat harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit, ditengah jalan sobat akan bertemu pos penjagaan. Nah disitu sobat harus membeli tiket masuk ke montel Rp 5.000 sobat. Setelah sampai di air terjun montel dijamin sobat nusantara tidak akan kecewa.


Air terjun montel kira-kira memiliki ketinggian sekitar 50 meter sobat. Suhunya bisa mencapai 18-20 derajat celcius. Untuk fasilitas sobat nusantara tidak perlu kawatir, di montel ada mushola, toilet, warung dan lainnya sobat. Kira-kira gambarannya seperti ini sobat.



Lanjut menuju air tiga rasa. Untuk mencapai air tiga rasa ini sobat nusantara harus sedikit berjuang mendaki, sebenarnya tidak terlalu curam sobat bahkan jalan menuju ke air tiga rasa sudah dibeton. Perjalan menuju air tiga rasa kira-kira bisa sobat tempuh sekitar 30-50 menit sobat. Jika sobat tidak mau capek berjalan, sobat bisa naik ojek. Tapi kurang asik kalau berpetualang naik ojek sobat, masa disamakan dengan pergi ke pasar.

Sesuai dengan namanya air tiga rasa, rasa air yang terdapat disatu tempat yang bersebelahan dan hanya dibatasi oleh tanah ini memiliki rasa yang berbeda-beda sobat. Kalau sobat nusantara ingin mengetahui rasanya, sobat nusantara bisa datang sendiri. Menurut beberapa warga yang Bang Mamat  tanya sobat, katanya air tiga rasa ini memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda. Kalau Bang Mamat antara percaya dan tidak percaya. Terlepas dari percaya atau tidak, kita wajib meyakini bahwa itu adalah salah satu kuasa Allah SWT sobat. Itu salah satu bentuk bahwa Allah maha pencipta dan Allah maha segalanya. Jika ingin meminta tubuh yang sehat, lancar rezeki atau awet muda ya jangan meminta kepada air, kan air merupakan ciptaan Allah. Jika ingin meminta ya kepada penciptanya yaitu Allah SWT.

Kira-kira gambarannya seperti ini sobat.

Menuju Sumber Air Tiga Rasa
Tangga menuju air tiga rasa

Gerbang utama menuju sumber air tiga rasa
Gerbang menuju air tiga rasa

Masjid Syeh Sadzali Rejenu
Masjid Syeh Sadzali Rejenu

Sumber air tiga rasa
Sumber air tiga rasa

Sumber air tiga rasa
Sumber air tiga rasa (foto : mlancong.com)

Nah itu sekilas tentang air terjun montel dan air tiga rasa yang pernah Bang Mamat kunjungi. Untuk membuktikannya silahkan sobat nusantara bisa datang sendiri. Sekian dari Bang Mamat.

Salam Nusantara !

Leave a Reply

 
Sobat Nusantara © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here