Advertise

Pages

Pages - Menu

Social Icons

Sample Text

Featured Posts

 
Minggu, 15 Juli 2012

Alas Purwo Salah Satu Icon Banyuwangi

0 komentar
Salam Nusantara !


Sob Bang Mamat lagi jalan-jalan didunia maya ne. Pada tau tentang Taman Nasional Alas Purwo? Kalau Belum tau yuk kita tengok bareng Bang Mamat.

Sob ternyata taman nasional alas purwo terletak di ujung timur Pulau Jawa. Taman nasional ini masuk dalam duan kecamatan sekaligus sob, yaitu Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo yang pasti taman nasional ini berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sob. Kira-kira luas taman nasional ini sekitar 43.420 hektar sob, lumayan luas.

Nah untuk akomodasi sobat nusantara bisa memilih rute Banyuwangi Kota kearah Kecamatan Muncar. Dilanjutkan melewati Pasar Anyar dan sampailah di Kecamatan Tegaldlimo. Sekitar sepuluh kilometer dari Kecamatan Tegaldlimo melalui jalan makadam, sobat nusantara akan menemui Pos Rawabendo. nah pos ini merupakan gerbang utama Taman Nasional Alas Purwo.

Di Alas Purwo kira-kira ada apa aja sob? Ayo tebak.

Di Alas Purwo ada penangkaran penyu sob, tepatnya di pantai ngagelan. Untuk perjalanan menuju pantai ngagelan dijamin rasa penat sobat semua bakalan ilang, Bang Mamat jamin. Di kanan dan kiri jalan tampak hutan bambu lebat, berganti dengan hutan pohon mahoni.

Untuk ekosistem di Taman Nasional Alas Purwo dibagi menjadi beberapa tipe. Ada hutan bambu, hutan pantai, hutan bakau, hutan tanaman, hutan alam dan hutan penggembalaan.

Tidak hanya itu saja sobat, fauna yang ada didarat umumnya menempati bagian atas pohon mangrove seperti burung, insekta dan primata. Sementara pada sungainya, ikan dan kerang bisa sobat temui disana.

Jika sobat datang bulan Oktober sampai Desember, sobat bakal menemukan burung burung dari Australia yang bermigrasi ke Taman Nasional Alas Purwo.

Tidak berhenti sampai disitu sobat, menyaksikan banteng jawa dan rusa berkeliaran bisa menjadi tujuan wisata sobat semua. Tepatnya di padang penggembalaan sadengan, padang sadengan merupakan satu-satunya padang sabana buatan di antara sejumlah penggembalaan yang ada ditaman nasional di Indonesia.

Kono katanya sob, hutan di taman nasional alas purwo banyak kesan-kesan magis. Keyakinan itu didapat dari nama Alas Purwo sendiri sob yang memiliki arti hutan pertama atau hutan tertua di Pulau Jawa. Kondisi magis ini ditunjang dengan alam hutan yang memang memiliki sejumlah situs dengan keunikan dan dianggap keramat.

Ada lagi ne sobat nusantara, sobat semua bisa mengunjung beberapa gua yang ada dikawan taman nasional ini. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung sob ada 40 gua. Bang Mamat rekomendasikan sobat semua harus mengunjung gua istana.

Oke sob segitu dulu ya, nanti Bang Mamat sambung lagi.

Salam Nusantara !

Leave a Reply

 
Sobat Nusantara © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here