Advertise

Pages

Pages - Menu

Social Icons

Sample Text

Featured Posts

 
Kamis, 19 Juli 2012

Besok Muhammadiyah Mulai Puasa

0 komentar

Salam Nusantara !

Dunia ini memang penuh dengan perbedaan. Perbedaan itu tidak lantas untuk diperdebatkan karena masing-masing manusia memikili keyakinan masing-masing tidak terkecuali berita Bang Mamat ambil dari KOMPAS.com yang satu ini.


Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, Muhammadiyah sudah jauh hari menetapkan bahwa awal Ramadhan jatuh pada hari Jumat (20/7/2012) besok. Kamis malam ini, Muhammadiyah akan mulai shalat tarawih.

Inilah keyakinan Muhammadiyah. Maka malam ini kita mulai tarawih dan besok puasa. - Din Syamsuddin
Menurut Din, di sela-sela peresmian Masjid Aljihad, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (19/7/2012) ini, berdasarkan pendekatan Muhammadiyah pagi ini pukul 11.00 WIB, telah terjadi ijtima, yakni matahari, bumi, dan bulan berada pada garis lurus atau konjungsi. Konjungsi ini disepakati hampir semua almanak atau kalender astronomi.

Din menyebutkan, Muhammadiyah melihat ini sebagai pertanda bulan Sya'ban segera berakhir. Jadi ijtima atau konjungsi ini pertanda bulan lama akan berakhir dan bulan baru akan datang.

"Insya Allah, nanti sore ketika matahari terbenam, bulan belum terbenam, masih di atas ufuk dan menurut perhitungan sekitar 1.30 derajat. Ini menunjukkan hilal telah datang. Inilah keyakinan Muhammadiyah. Maka, malam ini kita mulai tarawih dan besok puasa," ujar Din.

Kepada semua pihak, Din berharap untuk menghargai keyakinan semacam ini, termasuk kepada umat yang hari ini telah melaksanakan puasa. Pemerintah seyogianya tidak memasuki wilayah keyakinan tersebut.

Salam Nusantara !

Leave a Reply

 
Sobat Nusantara © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here